Selasa, 08 September 2020

Silabus Matematika Kelas 8 Smp Revisi 2017

Pada Kurikulum 2013 dikala ini para terjadi banyak sekali perubahan atau revisi-revisi  bahkan hampir dissetiap bulan sehingga tidak heran para guru rada sedikit kebingungan baik untuk menyusun perangkat atau administrasu guru lainnya salah satunya yakni silabus.

Memang banyak sekali di internet banyak sekali model dan bentuk silabus, tapi hanay sedikti yang sanggup menyesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2017 kini apalagi dalam K13 dikala ini harus tercantum pula beberapa komponen pokok dalam menyusunnya yang lebih menonjol yakni perangkat pembelajaran kini harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS, kemudian bagaimana cara mengakibatkan komponen tersebut ? mungkin itu yang jadi pertanyaan ? 

Untuk membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran maematika kelas 8 SMP/MTs berikut saya bagikan Silabus Matematik kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.7  Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
4.7     Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

3.8   Menjelaskan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua bundar dan cara melukisnya

4.8   Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran
Lingkaran
·           Lingkaran
·           Unsur-unsur lingkaran
·           Hubungan sudut sentra dengan sudut keliling
·           Panjang busur
·           Luas juring
·           Garis singgung komplotan dalam dua lingkaran
·           Garis singgung komplotan luar dua lingkaran
3.7.1    Mengidentifikasi sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran.
3.7.2    Menjelaskan kekerabatan antara sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran
3.8.1    Mengidentifikasi garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran.
3.8.2    Menjelaskan cara melukis garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran
4.7.1    Menentukan kekerabatan sudut sentra dengan panjang busur.
4.7.2    Menentukan kekerabatan sudut sentra dengan luas juring.
4.7.3    Menentukan kekerabatan sudut sentra dengan sudut keliling.
4.7.4    Menyelesaikan permasalahan kasatmata yang terkait penerapan kekerabatan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.8.1    Menyelesaikan problem kasatmata yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran
4.8.2    Menyajikan hasil penyelesaian problem yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran
·      Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran
·      Mencermati problem atau bentuk benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran
·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring, dan garis singgung komplotan (dalam dan luar) antara dua lingkaran
·      Mencermati cara melukis garis singgung bundar dan garis singgung komplotan antara dua bundar menggunakan jangka dan penggaris
·      Menyajikan hasil pembelajaran perihal bundar dan garis singgung lingkaran
·      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bundar dan garis singgung lingkaran
30 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio
3.9   Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
4.9   Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok,  prima dan limas), serta gabungannya
Bangun Ruang Sisi Datar
·      Kubus, balok, prisma, dan limas
·      Jaring-jaring:
Kubus, balok, prisma, dan limas
·      Luas permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas
·      Volume: kubus, balok, prisma, dan limas
·      Menaksir volume berdiri ruang tak beraturan
3.9.1    Memahami luas permukaan berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
3.9.2    Memahami volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
3.9.3    Mejelaskan perbedaan luas permukaan dan volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
4.9.1    Menentukan luas permukaan berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok,  prima dan limas), serta gabungannya
4.9.2    Menentukan volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya.
4.9.3    Menyajikan hasil pembelajaran perihal berdiri ruang sisi datar
4.9.4    Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan berdiri ruang sisi datar
·      Mencermati model atau benda di sekitar yang merepresentasikan bangun ruang sisi datar
·      Melakukan percobaan untuk menemukan jari-jari berdiri ruang sisi datar
·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan volume berdiri ruang sisi datar
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi datar
·      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan berdiri ruang sisi datar
30 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio
3.10Menganalisis kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
Statistika:

·     Rata-rata, median, dan modus

·     Mengambil keputusan berdasarkan analisis data

·     Membuat prediksi berdasarkan analisis data
3.10.1 Mengamati data dari tabel frekuensi dan gambar yang disajikan guru
3.10.2 Menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada tabel frekuensi dan komponen-komponen yang terdapat pada gambar yang kedua.
3.10.3 Membandingkan data-data yang terdapat pada tabel frekuensi dengan data pada gambar.
3.10.4 Menemukan kekerabatan antara data pada tabel frekuensi dengan data pada gambar
3.10.5 Memahami cara menciptakan diagram batang pada Microsoft excel.
4.10.1 Menyajikan hasil pembelajaran perihal ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan menciptakan prediksi
4.10.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan menciptakan prediksi
·     Mencermati penyajian data dari banyak sekali sumber media koran, majalah, atau televisi
·     Mencermati cara memilih rata- rata, median, modus, dan sebaran data
·     Menganalisis data menurut ukuran pemusatan dan penyebaran data
·     Mencermati cara mengambil keputusan dan menciptakan prediksi bersarkan analisis dan data
·     Menyajikan hasil pembelajaran perihal ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan menciptakan prediksi
·     Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan menciptakan prediksi
15 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio
3.11   Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

4.11          Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan
Peluang
·     Titik sampel
·     Ruang sampel
·     Kejadian
·     Peluang empirik
·     Peluang teoretik
·     Hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
3.11.1 Mengidentifikasi konsep peluang empiric
3.11.2 Mengidentifikasi konsep peluang teoritik
3.11.3 Menentukan nilai peluang empiric suatu kejadian sederhana
3.11.4 Menentukan nilai peluang teoritik suatu kejadian sederhana
3.11.5 Memahami konsep ruang sampel, titik sampel suatu kejadian.
4.11.1 Melakukan percobaan untuk menemukan kekerabatan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
4.11.2 Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
·     Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik
·     Mencermati ruang sampel dari peluang teoretik dan titik sampel dari suatu kejadian pada suatu ruang sampel
·     Melakukan percobaan untuk menemukan kekerabatan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
·     Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
15 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio


Bagi Para rekan guru yang membutuhkan dalam bentuk versi file silahkan ambil disini
Demikian agar sanggup memberi manfaat.